Tidak Ada Bukti Putri Candrawathi Alami Pelecehan Seksual

Hakim Ketua Sidang Ferdy Sambo Wahyu Iman Santosa

Senin, 13 Februari 2023 – 12:00 WIB

VIVA Nasional – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam pertimbangannya menyatakan klaim Putri Candrawathi sebagai korban pelecehan seksual oleh Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J — belakangan diklaim sebagai motif pembunuhan Brigadir J — tidak berdasar dan tidak ada bukti pendukung.

Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso saat menyampaikan pertimbangan dalam sidang vonis kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo di PN Jakarta Selatan, Senin, 13 Februari 2023.

Menurut hakim, keterangan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang mengatakan ada peristiwa pelecehan seksual di Magelang yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi tidak berdiri sendiri. 

Hakim mengatakan korban Yosua selama ini adalah ajudan atau bawahan Ferdy Sambo yang bekerja untuk mendampingi istrinya, yakni Putri Candrawathi. Disamping itu, Yosua juga berada dalam tanggungan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. 

Putri Candrawathi saat menjalani pemeriksaan terdakwa di PN Jakarta Selatan

Putri Candrawathi saat menjalani pemeriksaan terdakwa di PN Jakarta Selatan

Atas dasar relasi kuasa antaran atasan-bawahan tersebut, majelis hakim menegaskan kecil kemungkinan korban Yosua melakukan kekerasan seksual terhadap Putri Candrawathi. Selain itu, tidak ada fakta pendukung Putri Candrawathi mengalami trauma akibat pelecehan akibat perkosaan.

Hal itu dibuktikan dengan keterangan di persidangan bahwa Putri Candrawathi memanggil Yosua ke kamarnya usai peristiwa pelecehan seksual di Magelang. Padahal, tidak mudah bagi korban pelecehan seksual untuk bertemu dengan pelakunya, bahkan ada yang sampai tidak sanggup hingga bunuh diri.

Halaman Selanjutnya

“Sangat tidak masuk akal dalih pelecehan seksual yang dialami Putri Candrawathi tersebut,” kata Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id